BPJ Dalam Proses Tranformasi menjadi BUM Desa Bersama Kawasan Pedesaan

03 Mei 2023
Administrator
Dibaca 61 Kali
BPJ Dalam Proses Tranformasi menjadi BUM Desa Bersama Kawasan Pedesaan

wonorejokulonbutuh.id *** Pada tanggal 3 Mei, di aula Balai Desa Wonorejokulon, terjadi musyawarah antar desa (MAD) yang dihadiri oleh lima desa pendiri BUM Desa Bersama Berkah Pandawa Jaya (BPJ). Tujuan musyawarah tersebut adalah membahas wacana transformasi BPJ menjadi BUM Desa Bersama Kawasan Perdesaan. 

Sejauh ini, BPJ telah berstatus sebagai BUM Desa Bersama yang berbentuk kerja sama. Namun, dengan perubahan menjadi BUM Desa Bersama Kawasan, diharapkan BPJ dapat lebih mudah bersinergi dengan program-program pemerintah daerah kabupaten maupun provinsi, serta memperkuat kerjasama dengan desa-desa lain di kawasan perdesaan.

Pertemuan MAD ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan desa, termasuk Kepala Desa, Ketua BPD, dan Perangkat Desa dari kelima desa pendiri yaitu Wonorejokulon, Wonodadi, Wareng, Tanjunganom, dan Lubangdukuh. Selain itu, narasumber yang hadir adalah Camat BUtuh yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bapak Rochmat Effendy, S.Sos., Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-PMD) Kabupaten Purworejo, Bapak Hakim, dan Bapak Aris. Para pengurus operasional dan pengawas BUM Desa BPJ juga turut hadir untuk memberikan kontribusi dan wawasan mereka.

Setelah melalui diskusi dan perdebatan yang intens, hasil musyawarah menyetujui transformasi BPJ menjadi BUM Desa Bersama Kawasan Perdesaan. Keputusan ini akan mengikuti proses tahapan sesuai dengan regulasi yang berlaku, agar perubahan tersebut dapat dilakukan secara legal dan efektif.

Selain itu, peserta musyawarah juga sepakat untuk mengikuti Sekolah Lapang yang akan diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Tengah. Kehadiran dalam kegiatan ini diharapkan akan memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas tentang pembangunan desa, serta memberikan kesempatan untuk bertukar pengalaman dengan desa-desa lain di provinsi tersebut.

Dengan adanya transformasi ini, diharapkan BUM Desa Bersama Kawasan Perdesaan BPJ dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam pembangunan desa serta menjadi mitra yang kuat bagi pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.