Berita Desa

Arjuna Farm Kembangkan Peternakan Modern

15 Oktober 2022
Administrator
Dibaca 77 Kali
Arjuna Farm Kembangkan Peternakan Modern

15 Oktober 2022. BUM Desa Bersama Berkah Pandawa Jaya yang didirikan 5 Desa yakni Desa Wonodadi, Desa Wareng, Desa Lubangdukuh, Desa Tanjunganom dan Desa Wonorejokulon, meluncurkan unit usaha peternakan dengan konsep modern. Unit usaha peternakan ini berfokus pada jenis hewan ternak domba dan diberi nama Arjuna Farm. Jenis peternakan yang dilakukan adalah fattening (penggemukan) dan Briding (Pembibitan). 

Saat ini baru berdiri satu unit kandang yang berada di Desa Tanjunganom Kec. Butuh dan di beri nama Kandang Terintegrasi 1. Disebut terintegrasi karena konsep peternakan ini akan menggunakan pakan buatan yang melalui proses frementasi serta konsep kandang yang akan memanfaatkan dan mengelola seluruh limbah dari ternak yang ada. Limbah pada akhirnya akan dikumpulkan dan dikelola menjadi pupuk organik yang akan didistribusikan kepada para petani di desa.

Kandang terintegrasi 1 tersebut berkapasitas 200 ekor domba. Domba-domba tersebut akan dipelihara selama 90 hari dari umur 7 bulan dan akan dipanen pada umur 11 bulan. Adapun hasil dari ternak domba ini akan didistribusikan ke pasar domba pedaging dan bisnis kuliner.

"Pengadaan kandang ini sebagai upaya desa dalam pemberdayaan ekonomi melalui gerakan BUM Desa Bersama. Harapannya warga desa dapat meniru konsep modern peternakan yang diinisiasi oleh Arjuna Farm ini. Sehingga potensi peternakan di desa dapat dikembangkan secara optimal" ujar Agus Triyanto perangkat desa Tanjunganom.

Peternakan dengan konsep seperti ini memang belum banyak di wilayah kecamatan Butuh. Inovasi dari BUM Desa Bersama BPJ merupakan terobosan yang baik untuk memacu perkembangan dunia peternakan di wilayah Kecamatan Butuh.

Bagikan artikel ini:
user
Lare pojok kulon 2022-10-20 16:54:33 "Seharusnya kandangnya ada di wilayah sendiri, biar ikut merasakan"
user
Wati 2022-10-20 17:03:01 "Di sebelah mana itu"
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image