Visitasi Komisi Informasi Jawa Tengah: Sebuah Langkah menuju Wonorejokulon Informatif

03 November 2023
Administrator
Dibaca 134 Kali
Visitasi Komisi Informasi Jawa Tengah: Sebuah Langkah menuju Wonorejokulon Informatif

wonorejokulonbutuh.id *** Pada Kamis, 2 November 2023, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa Wonorejokulon mengikuti Visitasi dan Verifikasi Pemeringkatan Badan Publik Desa Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Jawa Tengah di Gedung Setda Kabupaten Purworejo. Keikutsertaan Desa Wonorejokulon dalam kegiatan ini menjadi langkah penting dalam upaya meningkatkan keterbukaan informasi publik di tingkat desa.

Desa Wonorejokulon, yang terletak di Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, merupakan salah satu dari tiga desa yang ditunjuk untuk mewakili desa-desa di Kabupaten Purworejo dalam kegiatan Visitasi ini. Desa-desa lain yang terpilih adalah Desa Dadirejo di Kecamatan Bagelen dan Desa Ngasinan di Kecamatan Bener. Keikutsertaan mereka sebagai perwakilan di dalam kegiatan Visitasi menunjukkan komitmen mereka dalam mendorong transparansi dan keterbukaan informasi publik.

Baca Juga: Wonorejokulon Ikuti Monev Keterbukaan Informasi Publik

Kegiatan Visitasi dibuka oleh Kadiskominfostasandi Kabupaten Purworejo, Yudhie Agung Prihatno S.STP, MM. Sementara kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komisioner Komisi Informasi Jawa Tengah, Bapak Moh. Asropi, S.Pd.I. Visitasi ini melibatkan penilaian terhadap keterbukaan informasi publik yang disediakan oleh Badan Publik Desa. Sekretaris Desa Wonorejokulon, Adib Samsul Hadi, yang juga menjabat sebagai Ketua PPID Desa, mempresentasikan profil dan program PPID Desa termasuk pengelolaan Website Desa, inovasi dalam pelayanan informasi, serta komitmen pemerintah desa terkait dengan keterbukaan informasi publik. Penilaian juga mencakup dokumen pendukung dan sampel dokumen informasi publik yang tersedia.

Menariknya, kegiatan Visitasi ini merupakan kali pertama bagi Badan Publik di tingkat desa. Hal ini mencerminkan upaya nyata dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah desa, serta memberikan akses yang lebih baik kepada informasi publik bagi warga masyarakat. Dengan adanya Visitasi ini, diharapkan Badan Publik di tingkat desa, termasuk Pemerintah Desa Wonorejokulon, dapat secara bertahap menjadi badan publik yang informatif dan terbuka.

Kepala Desa Wonorejokulon, Bapak Agus Zuhri H, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Desa Wonorejokulon untuk mengikuti kegiatan Pemeringkatan Badan Publik ini. Meskipun menyadari bahwa Desa Wonorejokulon masih dalam tahap awal dalam menjalankan keterbukaan informasi publik, dia berharap bahwa partisipasi mereka dalam Visitasi ini akan menjadi pijakan untuk perbaikan selanjutnya. Bapak Agus Zuhri H juga mengakui bahwa masih banyak desa-desa lain yang sudah lebih maju dalam hal ini, dan dengan semangat perbaikan terus-menerus, Desa Wonorejokulon berkomitmen untuk lebih baik lagi dalam memberikan akses informasi publik kepada masyarakatnya.

Melalui kegiatan Visitasi dan Verifikasi Pemeringkatan Badan Publik Desa Tahun 2023 ini, Desa Wonorejokulon dan desa-desa lainnya di Kabupaten Purworejo berusaha untuk menjalankan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, dan partisipasi warga dalam pengambilan keputusan. Semoga upaya ini akan memotivasi desa-desa lain untuk mengikuti jejak mereka dalam mengembangkan praktik keterbukaan informasi publik yang lebih baik.