Risiko saat Arus Besar, Bendungan Wonorejo Kulon Perlu Dijadikan Modern

28 April 2023
Administrator
Dibaca 53 Kali
Risiko saat Arus Besar, Bendungan Wonorejo Kulon Perlu Dijadikan Modern
wonorejokulonbutuh.id *** Hujan yang mengguyur di wilayah Kabupaten Purworejo beberapa hari terakhir. Hujan menyebabkan beberapa titik di wilayah Kecamatan Butuh terjadi genangan dan beberapa sungai hampir meluap. Salah satunya sungai gebang besar yang melintasi desa Wonorejokulon.
Hujan menyebabkan situasi arus sungai naik. Hal tersebut berakibat terjadi banjir di beberapa lokasi persawahan desa termasuk Wonorejokulon dan sekitarnya. Debit air tinggi terhalang bendungan di Desa Wonorejokulon.
Bendungan yang dibangun tahun 2006/2007 ini, mengairi luas areal 616 Ha sawah di wilayah Purworejo dan Kebumen. Berkat bendungan yang menjadi kebanggaan masyarakat Desa Wonorejokulon dan pernah dikunjungi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ini, pertanian sekitar menjadi sangat baik karena irigasinya maksimal. Namun saat musim penghujan seperti ini menjadi masalah bagi masyarakat.
"Jika kondisi hujan terus menerus dan arus sungai besar seperti ini, kami khawatir. Jika bendungan kebetulan pas ditutup, kemudian tiba-tiba hujan lebat air berpotensi meluap dan berpotensi banjir di lingkungan desa kami dan sekitarnya" kata Agus Zuhri H Kepala Desa Wonorejokulon.
"Jika memaksakan membuka bendungan, itu juga berisiko mengancam keselamatan petugas yang menangani bendungan. Aliran air besar yang tak terkendali, bisa sangat berbahaya. Ini kekhawatiran kami karena bendungan masih manual," imbuh Agus.
Menjadi harapan Kepala Desa dan warga sekitar, bendungan tersebut dijadikan bendungan yang modern menggunakan hidrolik. "Kami sudah mengajukan proposal ke Pemerintah Pusat. Bahkan tiap tahun di agenda musrenbang kecamatan kami masukkan dalam usulan. Namun hingga kini belum ada perhatian khusus untuk masalah kami ini"
"Jika bendungan ini nantinya menggunakan hidrolik, kami bisa membuka tutup sewaktu-waktu darurat saat debit air naik seperti ini. Kondisi saat ini, warga khawatir jika arus air sungai sedang besar". Pemerintah Desa Wonorejokulon sangat berharap perhatian dari pemerintah di atasnya.