Rembug Stunting: Masalah Masyarakat Wonorejokulon Tugas Kita Bersama

10 Agustus 2023
Administrator
Dibaca 63 Kali
Rembug Stunting: Masalah Masyarakat Wonorejokulon Tugas Kita Bersama

wonorejokulonbutuh.id *** 9 Agustus 2023 - Pemerintah Desa Wonorejokulon mengadakan acara Temu Pengurus Stunting dengan tujuan merancang program-program kegiatan yang akan diusulkan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2024. Acara yang digelar pada Kamis tanggal 9 Agustus 2023 dari pukul 9.00 hingga 13.00 WIB ini dihadiri oleh 41 peserta yang berasal dari berbagai unsur masyarakat desa.

Acara yang berlangsung di aula desa ini dihadiri oleh beberapa perwakilan penting, termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD), ketua RT dan RW, Tim Penggerak PKK, Posyandu, Bidan Desa, Karang Taruna, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), dan Tokoh Masyarakat. Kehadiran tokoh-tokoh masyarakat sangat penting dalam proses perumusan program-program yang berfokus pada penanganan stunting di desa ini.

Pertemuan ini berhasil menghasilkan keputusan yang berarti, yakni rancangan program-program kegiatan yang akan diajukan pada Musrenbangdes tahun depan. Langkah konkret ini merupakan upaya nyata Pemerintah Desa Wonorejokulon dalam mengatasi masalah stunting yang ada di komunitasnya. Pimpinan acara ini dipercayakan kepada Bapak Suparno, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang telah memiliki pengalaman dalam kepemimpinan masyarakat.

Narasumber yang hadir dalam acara ini memberikan informasi dan wawasan yang berharga. Kepala Desa Agus Zuhri H memberikan pandangan menyeluruh tentang langkah-langkah strategis yang dapat diambil oleh desa dalam upaya mengatasi stunting. Ia menuturkan masalah ini merupakan tugas bersama pemerintah desa dengan seluruh elemen masyarakat. Tim dari Tim Percepatan Pencegahan Stunting Kecamatan Butuh, yang diwakili oleh Ibu Sukarminah dan Bapak Muh Wildan, memberikan informasi tentang program-program serupa yang telah berhasil diimplementasikan di desa-desa sekitar.

Turut hadir pula Ibu Surtini, Kader Pembangunan Manusia (KPM), yang memberikan perspektif unik tentang pemenuhan gizi dan pola makan yang tepat. Bidan Desa Ibu Ety Setyaningsih, S.Keb., memberikan penjelasan mendalam tentang aspek kesehatan yang perlu diperhatikan dalam upaya pencegahan stunting.

Dengan berbagai wawasan yang diperoleh dari acara ini, Pemerintah Desa Wonorejokulon memiliki arah yang lebih jelas dalam merancang program-program yang dapat secara efektif menangani permasalahan stunting. Diharapkan bahwa langkah-langkah ini akan membawa perubahan positif dalam kondisi kesehatan dan perkembangan anak-anak di desa ini.