Berita Desa

Musrenbangdes Penyusunan RKP Desa TA 2023

21 September 2022
Administrator
Dibaca 40 Kali
Musrenbangdes Penyusunan RKP Desa TA 2023

Rabu 21 September 2022. Tahapan musyawarah perencanaan pembangunan desa atau biasa disebut Musrenbangdes merupakan salah satu tahapan proses penyusunan anggaran kegiatan di desa. Pada kali ini Pemerintah Desa Wonorejokulon mengundang unsur lembaga desa yang terdiri dari BPD, TP PKK, Posyandu, Karang Taruna, LPMD, KPMD, Ketua RT dan RW serta tokoh/perwakikan masyarakat. 

Pada musyawarah ini dibahas kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pemerintah desa Wonorejokulon pada tahun anggaran 2023 dengan mempertimbangkan estimasi pagu anggaran pendapatan. Kegiatan tersebut  merupakan kegiatan yang diambil dari RPJM Desa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) TA 2019 -2025. Kegiatan yang dimaksud dirancang oleh tim penyusun RKP Desa dan disusun sesuai kewenangan desa dengan mempertimbangkan tingkat prioritas kegiatan.

Musyawarah yang dihadiri tim fasilitasi musrenbang dan pendamping desa dari kecamatan Butuh memutuskan beberapa kegiatan prioritas. Di antaranya adalah pembiayaan berupa penyertaan modal BUM Desa Bersama, pembangunan jalan lingkungan dan penyelenggaraan kegiatan Posyandu dan Posbindu di desa.

Pada kegiatan musrenbangdes setudaknya terdapat dua output pembahasan. Selain kegiatan yang mencakup kewenangan desa, juga dibahas kegiatan yang akan diusulkan untuk dibiayai pemerintah daerah dan pusat yakni rehab bendungan desa dan pembangunan jalan antar desa. Kegiatan tersebut dituangkan pada DU RKP TA 2024 sebagai bahan usulan untuk musrenbang kecamatan Butuh. 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image