PPS Wonorejokulon Rapat Pleno Terbuka DPHP

30 Maret 2023
Administrator
Dibaca 94 Kali
PPS Wonorejokulon Rapat Pleno Terbuka DPHP

wonorejokulonbutuh.id *** Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Wonorejokulon adakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) pada kamis malam (30/3). Rapat diadakan di aula Desa Wonorejokulon pukul 8 malam. Pada rapat tersebut hadir Kepala Desa Wonorejokulon beserta perangkat desa, Ketua BPD, Panwaslu Kelurahan/Desa, dan perwakilan peserta pemilu di tingkat desa.

DPHP yang dibahas dalam rapat ini merupakan data hasil pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilaksanakan pantarlih sebulan terakhir. DPHP juga disebut pemutakhiran data pemilih atau kegiatan untuk memperbarui data pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap Pemilu.

Berdasarkan keputusan KPU Nomor 27 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Negeri, DPHP dilakukan oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) dibantu oleh Pantarlih yang mulai dilaksanakan pada 28 Februari-29 Maret 2023. Pantarlih merupakan petugas Pemilu yang berperan dalam pemutakhiran data pemilih.

Penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) adalah proses penyusunan daftar pemilih yang telah diperbarui dengan data-data terbaru, terkait pemilih yang telah memenuhi persyaratan untuk memilih dalam suatu pemilihan. Proses ini harus dilakukan dengan teliti dan melalui berbagai tahapan sebelum dilakukan pengesahan Daftar Pemilih Tetap.

Tahapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran adalah sebagai berikut:

1. PPS melakukan rekapitulasi DPHP kemudian menuangkan ke dalam formulir Model A-Rekap PPS Perubahan Pemilih;

2. Rekapitulasi DPHP dilakukan dalam rapat pleno terbuka;

3. Peserta rapat pleno terbuka terdiri dari Pantarlih, Panwaslu kelurahan/desa, perwakilan peserta Pemilu tingkat kelurahan/desa, dan perangkat pemerintah tingkat kelurahan/desa.

4. Peserta rapat pleno terbuka dapat memberikan masukan dan tanggapan jika terdapat kekeliruan terhadap proses dan hasil rekapitulasi disertai dengan dokumen autentik;

5. PPS menindaklanjuti masukan dan tanggapan pada poin nomor 4 jika dokumen yang ditunjukkan benar; 6. Tindak lanjut tersebut dituangkan ke dalam formulir Model A-Daftar Perubahan Pemilih;

7. Hasil rapat pleno terbuka dituangkan ke dalam berita acara yang ditandatangani oleh ketua dan anggota PPS;