KWT Kartini Wonorejokulon Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan untuk Berkebun

11 Mei 2023
Administrator
Dibaca 87 Kali
KWT Kartini Wonorejokulon Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan untuk Berkebun

wonorejokulonbutuh *** KWT Kartini Wonorejokulon mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan berkebun untuk menanam sayur-sayuran. Berkebun dapat menjadi salah satu kegiatan alternatif yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang di rumah bersama keluarga, terutama bersama buah hati.

Dalam kegiatan berkebun, kita dapat memberikan edukasi tentang pemanfaatan pekarangan sejak dini kepada anak-anak. Ada banyak manfaat yang bisa mereka dapatkan, seperti memperkuat ikatan emosional antara anak dan orang tua, mengajarkan nilai-nilai kerjasama, meningkatkan penghargaan terhadap alam, dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk menerapkan hal tersebut adalah dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Contohnya, kita dapat menggunakan lahan terbuka di sekitar rumah atau yang biasa disebut sebagai pekarangan rumah. Jika dikelola dengan baik, pekarangan ini dapat membuat lingkungan lebih menarik, nyaman, indah, sehat, dan menyenangkan, serta memberikan manfaat bagi keluarga.

Pemanfaatan pekarangan rumah memiliki peran penting dalam mendukung ketahanan pangan. Dengan memanfaatkannya, kebutuhan pangan keluarga baik secara kuantitas maupun kualitas dapat terpenuhi dengan baik. Stok pangan yang bergizi dan aman secara berkala dapat dipenuhi melalui kebun atau pekarangan rumah.

Pemanfaatan pekarangan rumah dapat disesuaikan dengan preferensi dan selera masing-masing. Jenis tanaman hortikultura, termasuk sayuran, buah-buahan, dan tanaman obat, cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Tanaman dapat ditanam langsung di tanah atau menggunakan media polybag.

Dengan mengajak masyarakat untuk berkebun di pekarangan rumah, KWT Kartini Wonorejokulon berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya memanfaatkan ruang terbatas untuk kegiatan produktif. Selain memberikan manfaat pangan yang lebih baik bagi keluarga, berkebun juga memberikan pengalaman positif dan kegiatan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.