DPPPAPMD Kab. Purworejo Kawal Progres Bumdesma Kawasan

25 Juli 2023
Administrator
Dibaca 66 Kali
DPPPAPMD Kab. Purworejo Kawal Progres Bumdesma Kawasan

wonorejokulonbutuh.id *** Senin, 24 Juli 2023 - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPPAPMD) Kabupaten Purworejo melakukan kunjungan ke Desa Wareng, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo. Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong dan menfasilitasi penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati Purworejo mengenai pembentukan BUM Desa Bersama Kawasan. Langkah ini merupakan kelanjutan dari sekolah lapang yang diselenggarakan oleh Dispermasdes Provinsi Jawa Tengah di Desa Wonorejokulon beberapa waktu lalu, yang bertujuan untuk menyoroti pentingnya penerbitan SK Bupati sebagai dukungan bagi BUM Desa "Berkah Pandawa Jaya" untuk menjadi BUM Desa Bersama Kawasan.

Dalam pertemuan tersebut, Kabid Dinpermades yang hadir, Ibu Endah Supriyanti, menjelaskan bahwa terdapat banyak keuntungan yang akan didapatkan jika BUM Desa "Berkah Pandawa Jaya" mendapatkan SK dari Bupati untuk berstatus sebagai BUM Desa Kawasan. Salah satu manfaatnya adalah adanya dukungan dari pemerintah, terutama dalam hal pengembangan usaha. Dinas tersebut siap untuk memfasilitasi dan mengawal proses penerbitan SK tersebut.

Wiwit Hasanudin, selaku Direktur dari BUM Desa "Berkah Pandawa Jaya", menyampaikan bahwa usaha mereka saat ini berfokus pada sektor peternakan, khususnya domba. Unit-unit bisnis yang mereka kelola meliputi Unit Penggemukan, Unit Breeding, Unit Pembuatan Pakan berbasis Fermentasi, dan unit pengolahan kotoran hewan menjadi pupuk organik. Dengan status BUM Desa Kawasan, diharapkan akan ada penambahan modal untuk mengembangkan Unit Wisata Edukasi, yang akan semakin melengkapi ekosistem bisnis peternakan mereka. Wiwit berharap agar dapat mendapatkan doa dan dukungan agar proses pengajuan status BUM Desa Kawasan berjalan lancar.

Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa kepala desa, termasuk Kepala Desa Wonorejokulon, Bapak Agus Zuhri H, Kepala Desa Wareng, Bapak Nur Rahmam, dan Kepala Desa Lubangdukuh, Bapak Ahmad Kustoro, yang turut memberikan dukungan atas upaya pengajuan status BUM Desa Bersama Kawasan tersebut.

Semoga dengan penerbitan SK Bupati, BUM Desa "Berkah Pandawa Jaya" dapat menjadi BUM Desa Bersama Kawasan yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan berkontribusi positif dalam pengembangan sektor peternakan di Kabupaten Purworejo.