Peningkatan Kapasitas Pengurus BUM Desa/Bersama se Kecamatan Butuh

20 Februari 2024
Administrator
Dibaca 36 Kali
Peningkatan Kapasitas Pengurus BUM Desa/Bersama se Kecamatan Butuh

wonorejokulonbutuh.id ***  Pemerintah Kecamatan Butuh mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengurus BUM Desa/Bersama se Kecamatan Butuh pada Selasa, 20 Februari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 41 pengurus BUM Desa dan 2 Pengurus BUM Desa Bersama dari seluruh desa di Kecamatan Butuh.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Desa Wonorejokulon ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. Diselenggarakan di bawah program Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Butuh, Bapak Rochmat Effendy, S.Sos., kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus BUM Desa/Bersama dalam mengelola BUM Desa yang profesional dan berdaya saing.

Acara dibuka langsung oleh Camat Butuh, Dyah Sumati Wulandriyani S.IP., M.Ap. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa BUM Desa/Bersama memiliki peran penting dalam mendorong pembangunan ekonomi di desa. Oleh karena itu, diperlukan pengurus yang memiliki kapasitas yang mumpuni dalam mengelola BUM Desa/Bersama.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, antara lain Tenaga Ahli (TA) Pendamping Desa Kabupaten Purworejo, Pendamping Desa Kecamatan Butuh, Ketua BUM Desa Purwodadi, dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Butuh. Para narasumber memberikan materi tentang berbagai aspek pengelolaan BUM Desa/Bersama, seperti kelembagaan, keuangan, usaha, dan pemasaran.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi baru tentang pengelolaan BUM Desa/Bersama. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk bertukar pengalaman dan menjalin kerjasama dengan pengurus BUM Desa/Bersama lainnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini, pengurus BUM Desa/Bersama di Kecamatan Butuh dapat meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola BUM Desa/Bersama yang profesional dan berdaya saing. Sehingga, BUM Desa/Bersama dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.