Desa Wonorejokulon Kembali Mendapat Alokasi Tambahan Dana Desa di Tahun 2023

02 Oktober 2023
Administrator
Dibaca 50 Kali
Desa Wonorejokulon Kembali Mendapat Alokasi Tambahan Dana Desa di Tahun 2023

wonorejokulonbutuh.id *** 19 Oktober 2023 - Kabar gembira datang bagi warga Desa Wonorejokulon, salah satu dari desa yang terletak di Kecamatan Butuh. Terdapat 8 Desa di Kecamatan Butuh yang medapatkan Alokasi Tambahan Dana Desa ini salah-satunya Desa Wonorejokulon. Pada tahun 2023, Desa Wonorejokulon kembali mendapat alokasi tambahan dana desa sebesar 139 juta rupiah. Hal ini merupakan kabar baik yang dinantikan oleh seluruh masyarakat desa.

Alokasi tambahan dana desa ini sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Pasal 14 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2023. Rinciannya telah ditetapkan lebih lanjut melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 98 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Tambahan dana desa diberikan berdasarkan kinerja pemerintah desa dan penghargaan yang diterima dari kementerian atau lembaga terkait. Pemerintah desa yang berhasil menunjukkan kinerja yang baik dalam menjalankan program pembangunan dan pelayanan masyarakat mendapat penghargaan berupa tambahan dana desa.

Penyaluran tambahan dana desa di tahun 2023 diharapkan dapat dilakukan paling cepat pada bulan September 2023. Sebelumnya, pemerintah desa harus memenuhi persyaratan dengan menyampaikan surat pernyataan kepala desa yang berkomitmen untuk menganggarkan tambahan dana desa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) kepada pemerintah daerah.

Dana tambahan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Desa Wonorejokulon. Sebelumnya, pemberian alokasi kinerja pada tahun 2022 dan tambahan dana awal tahun 2023 telah memberikan dorongan signifikan bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di desa ini.

Selanjutnya, pemerintah desa akan mempersiapkan rencana penggunaan dana tambahan ini. Dana tersebut akan digunakan untuk mendanai kegiatan yang sesuai dengan prioritas desa, termasuk upaya penanganan bencana alam dan non-alam. Terutama, untuk mengatasi kemungkinan dampak dari bencana El Nino, seperti masalah kekeringan, kelangkaan air bersih, penurunan produktivitas pertanian, dan wabah penyakit.

Pemberian tambahan dana desa ini tidak hanya menjadi cambuk bagi pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pembangunan, tetapi juga memberikan harapan bagi seluruh warga Desa Wonorejokulon untuk meraih kesejahteraan yang lebih baik di masa depan. Masyarakat desa ini berharap agar dana tambahan ini dapat dimanfaatkan secara bijaksana dan efektif demi kemajuan desa mereka.