Rapat Triwulan I, BUMDESMA BPJ paparkan Program Kerja

18 Maret 2023
Administrator
Dibaca 126 Kali
Rapat Triwulan I, BUMDESMA BPJ paparkan Program Kerja

wonorejokulonbutuh.id *** Pada Sabtu siang tanggal 18 Maret, Pengurus BUM Desa Bersama BPJ mengadakan rapat triwulanan di balai desa Wonorejokulon. Rapat tersebut dihadiri oleh dewan pembina dan dewan pengawas, yang bertujuan untuk membahas laporan kinerja BUM Desa Bersama BPJ selama tiga bulan pertama tahun 2023.

Salah satu poin utama dalam laporan tersebut adalah laporan keuangan yang dipaparkan oleh Bendahara BUM Desa Bersama BPJ, yaitu Eko Sulistyanto, S.Pd. Eko melaporkan bahwa pada triwulan pertama, anggaran yang telah masuk terdiri dari penyertaan modal yang berasal dari Desa Lubangdukuh dan Desa Wonodadi. Sementara itu, serapan anggaran kegiatan hingga saat ini telah mencapai lebih dari 200 juta.

Anggaran tersebut digunakan untuk beberapa proyek yang telah direncanakan. Di antaranya, dana dialokasikan untuk membiayai pembangunan lanjutan unit gedung produksi pakan di Desa Lubangdukuh, penyempurnaan kandang fattening di Desa Tanjunganom, serta persiapan pembangunan breeding di Desa Wonorejokulon.

Selain laporan keuangan, Direktur BUM Desa Bersama BPJ, Wiwit Hasanudin, juga memberikan laporan mengenai hasil dari pelatihan yang diikuti selama empat hari di Yogyakarta pada minggu sebelumnya. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggota BUM Desa Bersama BPJ.

Selanjutnya, Wiwit juga memaparkan program kerja BUM Desa Bersama BPJ untuk tahun 2023. Program tersebut meliputi upaya untuk menyempurnakan unit usaha yang ada, termasuk Kandang Fattening, Kandang Breeding, Produksi Pakan, Produksi Pupuk Organik, serta pengembangan Wisata Edukatif. Melalui program ini, BUM Desa Bersama BPJ berupaya untuk meningkatkan potensi dan kualitas produk serta layanan yang ditawarkan kepada masyarakat.

Selama pelatihan di Yogyakarta, Wiwit juga berhasil membangun koneksi dan relasi dengan beberapa lembaga terkait. Hal ini merupakan langkah penting dalam menjalin kolaborasi dan kerjasama. Wiwit menjelaskan bahwa koneksi ini merupakan hasil dari memanfaatkan peluang selama pelatihan yang berlangsung di Yogyakarta. Dengan adanya koneksi ini, diharapkan BUM Desa Bersama BPJ dapat memperluas jaringan kerjasama dan mendapatkan dukungan yang lebih luas dalam pengembangan usahanya.

Salah satu upaya konkret yang sedang dibangun oleh Wiwit adalah kerjasama dengan beberapa BUM Desa Bersama di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Melalui kerjasama ini, BUM Desa Bersama BPJ dapat saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan sumber daya guna meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha mereka. Selain itu, Wiwit juga memiliki kes

empatan untuk menjalin kerja sama dengan PT. Berdikari, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang peternakan. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan meningkatkan potensi pengembangan usaha di sektor peternakan.

Dengan adanya rapat triwulanan dan laporan yang disampaikan, diharapkan BUM Desa Bersama BPJ dapat memperoleh masukan dan feedback yang berguna untuk pengambilan keputusan lebih lanjut. Selain itu, melalui kerjasama dan pengembangan program kerja yang tepat, diharapkan BUM Desa Bersama BPJ dapat terus tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif bagi masyarakat desa dalam jangka panjang.