Berita Desa

BUMDesa Bersama Lima Desa akan Bangun Taman Rekreasi Modern di Wareng

09 Desember 2021
Administrator
Dibaca 20 Kali
BUMDesa Bersama Lima Desa akan Bangun Taman Rekreasi Modern di Wareng

BUTUH, Tak lama lagi di Desa Wareng, Kecamatan Butuh, akan dibangun taman rekreasi terpadu dengan fasilitas komplet. Mulai taman, kafe, gedung pertemuan modern, panggung untuk menggelar berbagai hiburan, kios suvenir, hingga kolam renang berstandar nasional. Selain itu juga ada kolam bermain yang dilengkapi water boom.

Taman rekreasi yang rencananya bernama Water Park Kecabut itu merupakan salah satu unit usaha yang akan dikelola oleh BUMDes Bersama Berkah Pandawa Jaya (BPJ). Kepengurusan BUMDes tersebut dikukuhkan hari ini, Kamis (9/12) di Balai Desa Wareng, Kecamatan Butuh.

Selain Asisten 1 Sekda Drs Bambang Susilo, Camat Butuh Ickbal Nugroho dan Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani, SE, MM juga hadir beserta jajaran forkopincam. Kades Wareng Nur Rahman menjelaskan, BUMDes BPJ merupakan usaha bersama lima desa yang ada di Kecamatan Butuh. Yakni Wareng, Tanjunganom, Lubangdukuh, Wonodadi, dan Wonorejokulon. 

“Wareng dan empat desa tersebut memiliki karakteristik yang sama sehingga dibentuklah BUMDes ini. Tujuannya untuk memberdayakan SDA dan SDM serta meningkatkan pendapatan desa,” ungkap Nur Rahman.

Menurutnya, acara kali ini merupakan agenda musyawarah desa dari lima desa, sekaligus sosialisasi BUMDes dan menggalang dukungan Pemda. Nur Rahman menambahkan, selain taman rekreasi, unit usaha yang akan dikembangkan yakni perdagangan eceran berbagai kebutuhan, penyelenggara kegiatan (EO), pengolahan limbah sampah tidak berbabahaya, serta peternakan. Bambang Susilo sangat mengapresiasi lima desa yang sudah sepakat mendirikan BUMDes bersama meskipun potensinya terbatas. 

“Mudah-mudahan akan jadi virus positif yang dapat menggugah desa lain untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan desa,” ucapnya.

Bambang juga mengingatkan, agar BUMDes tidak keluar aturan, mereka diminta untuk berkonsultaai dengan camat dan petugas di kantor Dipermades. 

Dirinya juga berpesan agar mengubah mindset pertanyaan “opo bisa” menjadi optimistis, baik dari segi manajemen maupun anggaran. “Meski bentuknya BUMDes tapi tetap merupakan usaha bisnis yang harus ditekuni,” ujarnya.

Selain itu, menurut Bambang, karena bentuknya BUMDes bersama, maka iramanya harus sama. “Saya sarankan agar profesional, para pengurus kalau perlu mengadakan studi banding ke tempat lain yang sudah lebih dahulu berhasil,” pungkasnya.

Bambang Susilo pun meresmikan BUMDes BPJ, ditandai dengan pemukulan gong. Adapun
para pengurus BUMDes BPJ dikukuhkan oleh Camat Butuh Ickbal Nugroho.
 
 

Sumber : Purworejo News

Tonton juga liputan berita selengkapnya di tautan berikut

Berkah Pandawa Jaya, BUM Desa Bersama Pertama di Purworejo

Peresmian dan Pengukuhan Pengurus BUM Desa Bersama Berkah Pandawa Jaya

Ciptakan Usaha dan Peluang Kerja, BUM Desa Bersama Diapresiasi Pemkab - YouTube

Lima Desa di Butuh Bentuk Bumdes Bersama : Wareng, Tanjunganom, Lubangdukuh, Wonodadi, Wonorejokulon - YouTube

 

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image