PPS Desa Wonorejokulon Adakan Sosialisasi DCT, DPTb dan DPK untuk Pemilu 2024

27 November 2023
Administrator
Dibaca 51 Kali
PPS Desa Wonorejokulon Adakan Sosialisasi DCT, DPTb dan DPK untuk Pemilu 2024

wonorejokulonbutuh.id *** Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Wonorejokulon, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengadakan sosialisasi Daftar Calon Tetap (DCT) Peserta Pemilu 2024, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) untuk Pemilu 2024. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Balai Desa Wonorejokulon pada Senin, 27 November 2024.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh anggota PPS, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa Wonorejokulon, tokoh masyarakat, serta perwakilan dari berbagai lembaga terkait. Dalam sosialisasi tersebut, narasumber yang dihadirkan adalah Ketua PPS Desa Wonorejokulon, Eko Sulistyanto, S.Pd.

Eko menjelaskan, DPT adalah daftar pemilih yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Purworejo. DPT tersebut disusun berdasarkan data kependudukan yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Purworejo.

Sedangkan DPTb adalah daftar pemilih yang belum terdaftar dalam DPT, tetapi memenuhi syarat untuk menjadi pemilih. DPTb disusun berdasarkan permohonan dari pemilih yang memenuhi syarat.

Sementara itu, DPK adalah daftar pemilih yang memiliki identitas kependudukan tetapi belum terdaftar dalam DCT dan DPTb. DPK disusun berdasarkan hasil pendataan dari PPS.

Eko juga menjelaskan, masa sosialisasi DCT, DPTb dan DPK untuk Pemilu 2024 tengah berlangsung. Selama masa sosialisasi tersebut, PPS akan membuka pelayanan bagi pemilih yang ingin mendaftarkan diri sebagai pemilih.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Desa Wonorejokulon yang belum terdaftar sebagai pemilih untuk segera mendaftarkan diri," kata Eko.

Eko menambahkan, PPS juga akan melakukan sosialisasi DCT, DPTb dan DPK secara berkala melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Selain sosialisasi tentang DCT, DPTb dan DPK, Eko juga menyampaikan sosialisasi tentang aturan dan jadwal kampanye. Eko menjelaskan, kampanye Pemilu 2024 akan dimulai pada tanggal 28 November 2023 dan berakhir pada tanggal 10 Februari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PPS juga memberikan doorprize bagi peserta sosialisasi yang mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari PPS. 

Kepala Desa Wonorejokulon, Agus Zuhri H., mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh PPS. Agus berharap, sosialisasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.