Penyuluhan Pencegahan Stunting oleh PKK Desa Wonorejokulon: Mendukung Pertumbuhan Anak yang Sehat

26 Juli 2023
Administrator
Dibaca 69 Kali
Penyuluhan Pencegahan Stunting oleh PKK Desa Wonorejokulon: Mendukung Pertumbuhan Anak yang Sehat

wonorejokulonbutuh.id *** Pada tanggal 26 Juli 2023, PKK Desa Wonorejokulon mengadakan sebuah acara penyuluhan penting tentang pencegahan stunting di Balai Desa Wonorejokulon. Acara tersebut dihadiri oleh 25 ibu yang memiliki balita serta Pengurus Tim Penggerak PKK Desa Wonorejokulon. Sebagai narasumber, hadir Bidan Ety Setyaningsih dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sruwohrejo.

Stunting adalah masalah serius yang berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak secara fisik maupun mental. Masa balita merupakan periode krusial dalam pembentukan sel-sel otak dan pertumbuhan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, tindakan pencegahan stunting menjadi penting agar anak-anak dapat tumbuh dengan sehat dan berkembang optimal.

Dalam penyuluhan ini, Bidan Ety Setyaningsih memberikan berbagai informasi tentang apa itu stunting, penyebabnya, dan bagaimana cara mencegahnya. Berikut adalah beberapa materi yang disampaikan dalam acara tersebut:

**1. Apa itu Stunting?**
Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak yang ditandai dengan pertumbuhan fisik yang terhambat, biasanya ditunjukkan dengan tinggi badan yang lebih pendek dari standar usianya. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh gizi buruk dan kurangnya nutrisi yang cukup selama masa pertumbuhan anak.

**2. Penyebab Stunting**
Bidan Ety menjelaskan beberapa faktor yang dapat menyebabkan stunting pada anak, antara lain:
   - Kurangnya konsumsi makanan bergizi.
   - Kurangnya asupan gizi selama masa kehamilan.
   - Infeksi berulang yang menyebabkan anak kehilangan nafsu makan.
   - Praktik pemberian makanan yang tidak tepat pada anak.

**3. Pentingnya Gizi Seimbang**
Dalam mengatasi stunting, gizi seimbang menjadi kunci utama. Ibu-ibu dihadapkan pada pentingnya memberikan makanan yang mengandung zat gizi lengkap pada anak, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Bidan Ety juga memberikan contoh makanan bergizi tinggi yang dapat diberikan kepada anak-anak untuk mendukung pertumbuhan mereka.

**4. Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)**
Bidan Ety mengingatkan para ibu tentang pentingnya memberikan MP-ASI yang tepat dan cukup pada balita. MP-ASI harus diberikan sesuai dengan usia dan kandungan gizi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan anak.

**5. Praktik Pemberian Makanan yang Baik**
Selain memperhatikan jenis makanan yang diberikan, Bidan Ety juga menekankan pentingnya praktik pemberian makanan yang baik, seperti memberikan makanan secara teratur, memberikan variasi makanan, dan memastikan kebersihan makanan yang diberikan.

Dengan penyuluhan ini, diharapkan para ibu di Desa Wonorejokulon lebih sadar dan mengerti tentang pentingnya mencegah stunting pada anak-anak mereka. PKK Desa Wonorejokulon berkomitmen untuk terus memberikan informasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam upaya menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas di masa depan. Semoga pengetahuan dan kesadaran tentang pencegahan stunting ini dapat membawa manfaat positif bagi pertumbuhan anak-anak di desa ini.