Merti Desa: Tradisi Syukur Warga Wonorejokulon Di Bulan Suro

28 Juli 2023
Administrator
Dibaca 78 Kali
Merti Desa: Tradisi Syukur Warga Wonorejokulon Di Bulan Suro

wonorejokulonbutuh.id *** Pada Jumat siang tanggal 28 Juli 2023, Desa Wonorejokulon dipenuhi semangat kebersamaan saat ratusan warganya berkumpul di Halaman Makam Petilasan Sabdopalon dan Ketiboyo untuk merayakan acara Merti Desa. Acara yang dimulai pukul 13.30 ini berhasil menyatukan kepala rumah tangga dari masing-masing keluarga yang turut hadir.

Merti Desa, yang juga dikenal sebagai Suran, adalah tradisi yang memiliki makna mendalam bagi masyarakat Desa Wonorejokulon. Dipertahankan dan dijunjung tinggi selama berabad-abad, tradisi ini dilaksanakan pada bulan Suro atau Muharram, menandakan awal tahun baru dalam kalender Jawa dan Hijriah. Perayaan ini telah menjadi bagian dari warisan budaya yang terus dilestarikan dari generasi ke generasi.

Kepala Desa Wonorejokulon, Agus Zuhri H, tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada warga yang hadir dalam acara Merti Desa ini. Dalam pidatonya, ia menekankan bahwa acara ini adalah wujud syukur masyarakat atas karunia dan rizki yang telah dilimpahkan Allah SWT. Kebersamaan dan semangat gotong-royong dalam merayakan acara ini menjadi cerminan nyata dari kesatuan dan rasa kekeluargaan di antara warga Desa Wonorejokulon.

Salah satu momen yang paling ditunggu dalam perayaan Merti Desa adalah saat masyarakat membawa makanan olahan dari rumah masing-masing. Setiap hidangan dihadirkan sesuai dengan hasil bumi atau kemampuan masing-masing keluarga. Di lokasi acara, makanan-makanan lezat ini dibagikan dan disedekahkan kepada warga yang lain, menciptakan suasana keakraban dan memungkinkan warga menikmati masakan dari keluarga-keluarga lainnya.

Tidak hanya menjadi ajang berkumpul dan bersilaturahmi, Merti Desa juga berfungsi sebagai ajang perpaduan seni dan budaya. Berbagai kesenian dan pertunjukan tradisional sering menghiasi acara ini, menambahkan keindahan dan kegembiraan bagi semua yang hadir.

Dengan kearifan lokal yang dijaga dengan baik dan semangat kebersamaan yang kental, Merti Desa Wonorejokulon terus menjadi pesta rakyat yang menggembirakan. Acara ini bukan hanya sekadar menyatukan warga Desa Wonorejokulon, tetapi juga menggugah rasa kebanggaan akan identitas budaya mereka yang unik. Semoga tradisi ini terus dilestarikan dan menjadi sumber inspirasi bagi generasi mendatang.