Berita Desa

Camat Butuh Resmikan Sekolah Lansia Wonorejokulon

18 Januari 2023
Administrator
Dibaca 43 Kali
Camat Butuh Resmikan Sekolah Lansia Wonorejokulon

wonorejokulonbutuh.id *** Bertempat di Desa Wonorejokulon Kecamatan Butuh, Sekolah Lansia Seger Waras diresmikan oleh Camat Butuh Bangun Erlangga Ibrahim, S.STP., M.M. pada Rabu 18 Januari 2023.

Turut hadir Kapolsek Butuh AKP Agung Sutopo, Koordinator PLKB Kecamatan Butuh Ibu Karminah, Ketua BPD Desa Wonorejokulon Bapak Suparno beserta anggota Kelembagaan di Desa Wonorejokulon.

Camat Bangun Erlangga Ibrahim, S.STP., M.M. atau biasa disapa Angga mengapresiasi dilaunchingnya Sekolah Lansia kedua di Kecamatan Butuh. Sekolah Lansia di Desa Wonorejokulon Kecamatan Butuh yang diberi nama “Seger Waras” ini merupakan sekolah lansia yang kedua setelah Desa Panggeldlangu dan keduanya merupakan desa yang dicanangkan sebagai Kampung KB di Kecamatan Butuh.

Camat Butuh berkesempatan meresmikan langsung sekolah lansia tersebut. "Terima Kasih kepada Pemerintah Desa, BPD dan pihak terkait di desa yang melahirkan kebijakan penganggaran sekolah lansia ini, bukti bahwa desa Wonorejokulon tidak hanya membangun fisik tapi juga pemberdayaan" ujarnya dalam sambutan.

Sementara itu, Evi Fitriyani selaku penanggungjawab kegiatan menuturkan "Sekolah lansia merupakan lembaga pendidikan non formal program dari BKKBN dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL). Tujuan dibentuknya sekolah lansia antara lain guna mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan bermartabat. Yang terpenting adalah memastikan para lansia di Desa Wonorejokulon dalam keadaan yang bahagia"

Kegiatan sekolah lansia ini diikuti oleh 30 peserta lansia. Koordinator PLKB Kecamatan Butuh Ibu Karminah menyampaikan bahwa Sekolah Lansia merupakan upaya pemberian informasi, pelatihan dan permainan edukatif kepada lansia tentang kesehatan, keagamaan, social budaya dan sebagainya sehingga lansia dapat hidup bahagia sejahtera. Konsepnya seperti pada umumnya sekolah hanya bersifat informal. Konsepnya andragogy atau pendidikan orang dewasa (pelibatan peserta didik dalam kegiatan). Sasaran Lansia yaitu usia diatas 60 tahun atau pra lansia.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image